Peningkatan Pemanfaatan e-Journal bagi Civitas Akademika

Print
Category: Kegiatan Perpustakaan
Published Date Written by Suwarno

Perpustakaan Polines Rabu (17/04/2017) digedung UPT PP lantai 2 Tembalang Semarang mengadakan kegiatan workshop Peningkatan Pemanfaatan e-journal bagi civitas akademika. Kegiatan ini dikiuti oleh para staf pengajar/dosen  dan staff laboratorium di lingkungan Polines dari berbagai jurusan dan prodi yang ada di lingkungan Politenik Negeri Semarang. Kegiatan Ini menghadirkan dua orang pakar dari Universitas Diponegoro UNDIP Semarang yaitu Dr. Istadi, ST, MT, Dosen Fakultas Teknik Kimia UNDIP dengan materi mengenai pemanfaatan e-Journal  untuk menunjang publikasi jurnal nasional dan Internasional dan Suwondo, S.Hum, M.Ikom Pustakawan UNDIP

Workshopini di buka Wadir III Politeknik Negeri Semarang Poniman, SE, MM, harapanya para Dosen Polines dapat meningkatkan kemampuannya untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah yang bermutu dan bertaraf internasional dan Mendorong dosen/peneliti agar makin berani untuk menulis artikel dalam jurnal ilmiah internasional.

"Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pemanfaatan koleksi yang berbentuk elektronik khususnya jurnal ilmiah. Hal ini dilakukan dengan melihat pemanfaatan e-journal yang kurang maksimal, padahal kalau kita cermati bahwa koleksi tersebut merupakan koleksi informasi ilmiah terbaru yang dapat digunakan untuk kebutuhan proses belajar mengajar Sivitas Akademika khususnya kegiatan penelitian" ujar Syam Suryanto Selaku Ketua Pelaksanaan Kegiatan ini.

 Dalam sambutannya kepala UPT Perpustakaan Tatik Sayekti, S.Hum menyatakan bahwa  "Sasaran strategis Politeknik Negeri Semarang, pada Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan mempunyai fungsi sebagai penguatan implementasi digital library. Dalam sasaran strategis yang telah ditetapkan oleh lembaga dapat dijabarkan dalam dua point indikator yaitu 1) persentase layanan E-Library, E-Journal, E-book, dll, 2) Jumlah layanan antar perpustakaan.  Dalam sasaran strategis yang telah ditetapkan oleh lembaga,khususnya kegiatan Peningkatan Pemanfaatan e-Journal bagi Civitas Akademika ini tertuang dalam point 2) yaitu Jumlah layanan antar perpustakaan, maka perlunya UPT perpustakaan untuk melakukan berbagai upaya dalam pengembangan guna meningkatkan kualitas layanan perpustakaan. Salah satu upaya UPT Perpustakaan tersebut yaitu dengan pemberdayaan sumber informasi. Sumber informasi yang tersedia di UPT Perpustakaan dapat berupa koleksi buku,  jurnal, e-journal, TA/LA, Skripsi, Majalah, dsb, Koleksi e-journal merupakan bahan pustaka berupa jurnal-jurnal ilmiah yang dapat diakses secara online sehingga dalam rangka pemberdayaan koleksi tersebut, maka diperlukan pelatihan dalam pemanfaatannya secara maksimal.

   

Jl. Prof. H. Soedarto, S.H. Tembalang, Semarang 50275, PO BOX 6199/SMS

Telp. 024-7473417, 024-7499585, 024-7499586 (ext. 119)
Telp/Fax. 024-7472396
email: perpus@polines.ac.id

Copyright 2014 Peningkatan Pemanfaatan e-Journal bagi Civitas Akademika. PerpustakaanPolines
Templates Joomla 1.7 by Wordpress themes free